Prinsip Kedua
Kenali Pelanggan Anda
Para pedagang yang piawai, baik dalam skala kecil ataupun dalam skala perusahaan besar, pastilah terlebih dahulu mempelajari bagimana perilaku pasar sebelum dia meluncurkan produknya. Semakin banyak yang diketahui oleh produsen mengenai perilaku dan keinginan pasar, semakin sukses dia dalam menjual produk.
Demikian pula halnya dengan Anda sebagai karyawan. Kenalilah, siapa saja pelanggan Anda. Pelanggan Anda, bukan hanya perusahaan dan atasan Anda. Pelanggan Anda bisa jadi adalah orang di departemen lain yang sering berhubungan dengan Anda dalam bekerja, atau bahkan bawahan Anda sendiri adalah pelanggan Anda. Maka kenalilah perilaku, sifat, keinginan dari setiap pelanggan Anda tersebut. Semakin banyak yang anda ketahui tentang perilaku, sifat, dan keinginan mereka, semakin mudah bagi Anda dalam bekerja dan semakin besar peluang Anda untuk mencapai sukses.
Ada sebuah cerita yang pernah saya dengar di sebuah radio, yaitu mengenai seorang pelatih sirkus. Ketika itu pelatih sirkus dengan lihainya mengatur dan memberi perintah pada beberapa ekor macan. Lalu ada seorang penonton yang memperhatikannya dengan baik. Dia tidak tertarik dengan bagaimana macan itu melakukan perintah, tapi dia lebih tertarik pada, bagaimana seorang pelatih bisa mengatur dan memerintah binatang yang buas tersebut sehingga mau mengikuti perintahnya. Setelah acara selesai, dia segera menemui pelatih tersebut. Dan dia bertanya pada pelatih tersebut, bagaimana dia bisa mengatur binatang buas sehingga menjadi jinak dan mau mengikuti perintahnya. Dan begitu takjubnya dia setelah mendapatkan penjelasan dari pelatih, ternyata dia telah membedakan perlakuan terhadap masing-masing hewan tersebut. Ternyata walaupun macan adalah binatang buas, tapi tiap individu memiliki karakter dan perilaku yang berbeda satu dengan lainnya. Ada yang menurut jika di cambuk, namun ada yang melawan jika dicambuk dan baru menurut jika diperlakukan baik.
Demikian halnya dengan Anda sebagai karyawan, jika anda bisa mengenal atasan Anda, teman kerja Anda, bahkan bawahan Anda, maka Anda akan mengetahui langkah apa yang harus Anda lakukan dalam menghadapi mereka. Saya mengalami tiga kali pergantian atasan. Ketiganya memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Dan tentunya akan saya melakukan pendekatannyapun dengan cara yang berbeda.
“Kenali Pelanggan Anda. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang mereka, semakin mudah Anda bekerja dan semakin besar peluang Anda mencapai sukses ”
0 comments:
Post a Comment