Welcome To My Blog

Dear All,

Thank you for visiting my blog. This blog describes my profile, my capability and my opinions. In this blog, you can get any further information about me. If you want to get more information, then I can be interviewed in which I would be pleased to provide any further information you may need.

Thank you for your kind attention and I hope you enjoy this blog.

Best regard,
Teguh Priatno, S.TP.

Saturday, March 14, 2009

Menjadi Karyawan Dengan Prinsip Pedagang (Part 8 of 11)

Prinsip Kedelapan

Pantang Menyerah

Salah satu modal keberhasilan dari seorang pedagang adalah sikap pantang menyerah. Kalau kita mau menanyakan setiap pedagang sukses yang pernah ada, maka akan kita dapati cerita dari mereka bagaimana mereka tegar dalam menghadapi kegagalan. Mereka jatuh bangun dalam usahanya, tapi mereka tidak mau menyerah dan tidak berputus asa. Mereka mencoba lagi dan lagi, hingga akhirnya mereka berhasil. Mereka belajar dari kegagalannya. Lalu mencoba memperbaiki kesalahan mereka.

Dalam bekerja, Anda pasti akan menghadapi masalah. Dan kadang kala Anda melakukan kesalahan dalam bekerja. Itu adalah hal yang wajar dan manusiawi. Yang terpenting adalah bagaimana Anda belajar dari kesalahan Anda untuk tidak mengulanginya lagi dikemudian hari. Kadang masalah yang Anda hadapi tidak mudah diselesaikan. Yang terpenting bagi Anda adalah jangan menyerah dan berputus asa. Dan jangan pernah mengatakan “Saya tidak bisa”. Karena dalam segala hal, Anda harus punya prinsip “Tidak ada masalah yang tidak terselesaikan, semua hanya masalah waktu, usaha dan kesabaran”. Anda harus focus pada solusi bukan masalahnya. Itu yang harus dilakukan. Kata pepatah, banyak jalan menuju roma. Banyak cara untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Jangan terpaku pada satu cara. Jika cara yang dilakukan tidak berhasil, beralihlah pada cara yang lain.

Jangan pernah mengatakan “Tidak bisa” ketika atasan Anda menyuruh Anda menyelesaikan sesuatu yang sebenarnya logis untuk dilakukan, sebelum Anda berusaha dengan mengeluarkan semua kemampuan yang Anda miliki dan sebelum Anda mempelajari ilmu yang berkaitan dengan tugas Anda tersebut. Jika memang semua kemampuan dikeluarkan dan ilmu telah dipelajari, ternyata tidak bisa, baru berkata “tidak bisa”. Tapi jangan berkata “tidak bisa” sebelum mencoba melakukan. Memang kadang kala ada masalah yang mengharuskan Anda mengatakan “tidak bisa” karena cara yang harus dilakukan tersebut memang tidak bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Namun cobalah untuk menawarkan ide/cara lain untuk penyelesaiannya.

“Tidak ada masalah yang tidak terselesaikan, semua hanya masalah waktu, usaha dan kesabaran. Oleh karenanya Jangan menyerah dan berputus asa. ”

0 comments:

Post a Comment