Welcome To My Blog

Dear All,

Thank you for visiting my blog. This blog describes my profile, my capability and my opinions. In this blog, you can get any further information about me. If you want to get more information, then I can be interviewed in which I would be pleased to provide any further information you may need.

Thank you for your kind attention and I hope you enjoy this blog.

Best regard,
Teguh Priatno, S.TP.

Saturday, March 14, 2009

Menjadi Karyawan Dengan Prinsip Pedagang (Part 10 of 11)

Prinsip Kesepuluh

Menerima Kritik


Dalam memberikan pelayanan pada pelanggan, sekarang banyak perusahaan yang memberikan customer service sebagai wadah untuk menampung keluhan dan kritik dari pelanggan. Wadah ini selain untuk memberikan pelayanan tapi juga berguna dalam mencari feedback dari pelanggan dimana akhirnya perusahaan dapat melakukan perbaikan dan inovasi. Dari feedback ini pula, perusahaan dapat mengetahui apa saja keinginan pasar dan dapat melakukan penelitian tentang itu dengan lebih efesien.

Seorang karyawan yang baik bukanlah karyawan yang tidak pernah melakukan kesalahan, tapi karyawan yang mengetahui kesalahannya lalu memperbaikinya. Karena tidak ada manusia yang luput dari kesalahan.

Kadang seseorang sulit mengetahui apa saja kekurangannya jika dia disuruh melihat kekurangan dirinya sendiri. Untuk itu dia membutuhkan kritik dari orang lain. Kritik dapat membuat seseorang menjadi besar. Namun demikian dibutuhkan kebesaran jiwa untuk menerima kritik tersebut. Dan hanya seorang yang memiliki jiwa yang besarlah yang akan menjadi “orang besar”.

Kadang kritik tidak hanya datang dari teman sepekerjaan saja, tapi juga bisa datang dari atasan. Bisa dalam bentuk nasehat bisa pula dalam bentuk caci maki. Disini dibutuhkan kemampuan Anda untuk berfikir positif. Beberapa banyak orang yang jika dimarahi oleh atasannya karena kesalahannya, dia lalu kesal bahkan hingga di rumahpun dia masih merasa kesal. Padahal seharusnya tidak demikian. Seorang atasan tidak mungkin memarahi bawahannya jika bawahannya tidak melakukan kesalahan. Adalah wajar jika seorang atasan memarahi bawahannya karena bawahannya melakukan kesalahan, walaupun tentu saja sikap atasannya tersebut kurang pantas dalam memotivasi bawahannya untuk memperbaiki kesalahan. Tapi terlepas dari sikap atasannya tersebut, jika Anda ingin menjadi orang yang besar, maka berfikir positif lah. Anggaplah atasan Anda yang sendang memarahi Anda karena kesalahan Anda sedang memberikan nasehat dan sedang mengajari Anda bagaimana caranya bekerja yang baik. Kemudian introspeksilah diri Anda sendiri. Kemudian bertekadlah untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

“Orang yang besar adalah orang yang memiliki hati yang luas untuk dapat menerima kritik demi kemajuannya ”

0 comments:

Post a Comment