Welcome To My Blog

Dear All,

Thank you for visiting my blog. This blog describes my profile, my capability and my opinions. In this blog, you can get any further information about me. If you want to get more information, then I can be interviewed in which I would be pleased to provide any further information you may need.

Thank you for your kind attention and I hope you enjoy this blog.

Best regard,
Teguh Priatno, S.TP.

Friday, March 13, 2009

Menjadi Karyawan Dengan Prinsip Pedagang (Part 6 of 11)

Prinsip Keenam

Berikan Lebih

Ada sebuah kisah nyata yang terjadi pada jaman Nabi Muhammad SAW. Ketika itu disana sedang dilanda kejahatan. Penipuan dalam berdagang sudah menjadi tradisi. Para pedagang banyak yang berbuat curang dan mengurangi timbangannya. Sahabat Nabi Muhammad banyak juga yang menjadi pedagang, namun karena mereka mengikuti apa yang diajarkan oleh Nabi SAW tentang pentingnya berbuat jujur, mereka tetap berdagang dengan jujur ditengah lingkungan pasar yang penuh dengan kecurangan. Suatu hari seorang sahabat mengeluh pada Nabi SAW bahwa dia sudah hampir putus asa karena dagangannya terus merugi, karena mereka jujur dalam berdagang. Kemudian Nabi SAW mengatakan pada sahabat yang mengeluh tadi untuk menambahkan timbangannya. Sahabat yang mengeluh semakin tidak mengerti, bagaimana mungkin, dia berbuat jujur saya merugi karena yang lain mengurangi timbangan, kini Nabi SAW malah menyuruh menambahkan timbangan. Tapi karena dia sangat percaya pada Nabi SAW (sami'na waatho'na) dan yakin bahwa Nabi akan memberikan nasehat yang terbaik untuk dia, maka dia laksanakan. Kemudian apa yang terjadi. Hari demi hari semakin bertambah banyak orang yang membeli padanya. Dan akhirnya dia mendapatkan untung yang besar. Sesuatu yang memang terlihat seperti tidak masuk akal, tapi ternyata sudah menjadi sifat manusia untuk mendapatkan lebih. Dan orang yang membeli akan membeli pada orang yang menjual lebih.

Dari cerita tersebut, begitu piawainya pemimpin tadi dalam melihat dan memahami sifat manusia. Oleh karena itu, prinsip dan teknik seperti itu sudah sepatutnya ditiru oleh Anda sebagai karyawan. Berikan lebih dari pekerjaan yang Anda lakukan. Jangan pelit dengan waktu dan jangan pelit dengan ilmu. Jika Anda punya kemampuan lain yang mungkin tidak berhubungan dengan job describtion Anda, apa salahnya Anda berikan kemampuan Anda tersebut demi perbaikan dan kemajuan perusahaan. Harus Anda ingat, sekecil apapun kebaikan yang Anda lakukan, pasti Anda akan merasakan balasannya. Demikian pula sebaliknya, sekecil apapun kejahatan yang Anda lakukan, pasti Anda akan mendapat pula balasannya. Untuk itu, apa salahnya jika ada dalam diri Anda sesuatu yang baik lalu Anda berikan pada lingkungan Anda, dalam hal ini juga termasuk lingkungan kerja. Karena yakinlah, semua kebaikan yang Anda berikan, pada dasarnya bukan hanya untuk yang menerima kebaikan, tapi untuk diri Anda juga.

“Apa yang Anda dapatkan bukanlah apa yang Anda minta, tapi apa yang Anda dapatkan adalah apa yang Anda berikan.”

0 comments:

Post a Comment